Pegagan untuk Ibu Hamil

Pegagan untk Ibu Hamil
Pegagan untuk Ibu Hamil
 
Pegagan adalah tanaman yang memiliki banyak manfaaat. Selain untuk kesehatan pegagan juga sering dipakai untuk lalapan segar atau sayur lalapan dimana pegagan menemani acara makan kita. Lalapan pegagan segarakan kita jumpai didaerah jawa barat terutama didaerah bogor. Misalnya Makanan khas jawa barat daerah bogor yaitu asinan bogor yang memanfaatkan tanaman in i untuk salah satu lalapan dalan racikan asinan. Apabila sayuran pegagan ini dicampur dalam asinan maka akan memberi efek rasa baru yaitu rasa manis dan segar.

Kandungan herbal pegagan

Didalam herbal pegagan ini banyak terkandung zat-zat senyawa yang sangat bagus untuk kesehatan. Berikut kadungan senyawa pada herbal pegagan
- asiaticoside
- thankuniside
- isothankuniside
- madecassoside
- brahmoside
- brahminoside
- brahmic acid
- madasiatic acid
- meso-inositol
- centellose
- carotenoids

 Pada pegagan juga terdapat garam-garam mineral seperti
- garam kalium
- natrium
- magnesium
- kalsium
- besioten 
- vellarine
- dan zat samak atau tanin.

 Pada pegagan juga terdapat senyawa yang bernama madecocassosida dimana senyawa ini bisa memacu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen ini amat besar fungsinya didalam proses regenerasi sel kulit termasuk ovum/sel telur pada wanita dan juga sel sperma pada laki-laki. Pada herbal pegagan juga kandungan karoten yang sangat bermanfaat untuk antioksidan atau peningkat imunitas. Karoten juga berfungsi menjaga kwalitas sperma dan sel telur.

Karoten akan menjaga sperma pada laki-laki dan ovum bagi wanita dari serangan radikal bebas sehingga prosentase kesuksesan dalam produksi anak akan lebih besar. Mineral-mineral seperti kalsium, kalium, natrium, zat besi dan zat fosfor didalam pegagan juga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.
 Khasiat yang lain dari herbal pegagan ini adalah sebagai anti infeksi, sebagai antitoksik, bisa menjadi penurun panas, sebagai peluruh air seni, mampu mengobati luka dan keloid, peningkat kecerdasan, hemoroid dan varises, serta bisa menjadi herbal antilepra

Herbal pegagan atau dalam bahasa latin dikenal dengan centella asiatica L adalah  termasuk ke dalam golongan famili tumbuhan Umbelliferae atau Apiaceae.

 Di indonesia lebih dikenal dengan sebutan rumput kaki kuda ada juga yang menamainya antanan gede dan dalam bahasa  jawa dikenal dengan panegowang atau ada juga yang menyebut pegagan adalah kisu-kisu.

Herbal pegagan memang sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang efektif dan aman dalam pengobatan.


 Tumbuhan herbal pegagan memiliki sifat anti racun, antiinfeksi, anti lepra, penurun panas (antipiretik), peluruh air seni, anti sifilis sekaligus bisa merevitalisasi sel kulit.Merevitalisasi sel tubuh manusia dan juga kesuburan wanita.Pegagan akan memperbaiki sirkulasi dengan merevitalisasi pembuluh darah. Pegagan juga bisa untuk mencegah penuaan.

Pegagan memiliki kandungan beberapa senyawa saponin, termasuk asiaticoside, asam asiatat, madecassoside, thankunside, isothankuside, brahmoiside, brahmic asid, triterpen, acid madasiatic asid, mesoinosetol,
centellose, carotenoids, garam K, Na, Ca, Fe, Fosfor, vellarine, tannin, mucilage, resin, pectin, gula, vitamin B, minyak lemak, kalsium oksalat, amygdalin.

Sedia pegagan dalam bentuk kaplet. Sedia ekstra rumput mutiara. Sedia k-;ink cloropil untuk penggemukan serta herbal lainnya.

Harga 60.000 untuk luar jawa dan 50.000 jawa. Beli minimal 2 botol

0 komentar:

Posting Komentar