Khamr Musuh Liver


khamr dan liver

Secara bahasa al-kamr adalah berarti tertutup, diambildari kata khimar yang berarti kerudung atau penutup kepala.
Khamr menurut istilah didalam syariat adalah segala sesuatu yang berpotensi untuk memabukan serta menutupi akal entah itu terbuat dari anggur, kurma, nira atau yang lainya.  Bentuk dari pada khamr itu sendiri ada yang cair dan ada pula yang padat. Adapun perbedaan dari cara pemakaian khamerpun juga berbeda-beda. Ada khamer yang diminum, dimakan, dihisap, disuntik dan lainnya.

Minuman keras adalah satu dari contoh  khamr yang mana bisa memabukan dan menutupi akal sehat manusia. Minuman keras adalah khamer yang berbentuk cair yang biasanya diminum oleh tukang mabuk. Minuman ini sangat berbahaya baik bagi sang peminum ataupun orang yang menjual dan bahkan siapapun yang ada hubungannya dengan penyediaan khamr. Dalam islam minuman ini telah dilaknat oleh Allah dan Rasul-Nya dan bahkan Nabi menggolongkan sepuluh orang yang termasuk dalam laknat Allah akibat khamr adalah sebagai berikut

- Orang yang memeraskan khamr
- Orang yang minta untuk diperaskan khamr
- Orang yang meminum khamr
- Orang yang menjual khamr
- Orang yang memakan hasil dari jual beli khamr
- Orang yang membawa khamr
- Orang yang menuangkan khamr
- Orang yang minta untuk diantarkan khamr
- Orang yang membeli khamr
- Orang yang meminta untuk dibelikan khamr


Sedemikian berbahayanya khamr sampai nabi menyampaikan bahwa khamr itu adalah racun bukan obat. Maka sungguh aneh bila ada orang yang menghalalkan khamr untuk obat karena nabi sendiri sudah bilang bahwa khamr adalah racun. Ada banyak kalangan yang mengatakan khamr bahwa  khamr itu bisa dimanfaatkan  untuk obat dan therapi kesehatan namun itu pun dari kalangan orang nasrani atau yahudi maka kita sebagai kaum muslim harus berhati-hati atas segala bentuk informasi yang dapat menjerumuskan akidah kita sebagi orang mukmin.

Allah swt telah dengan sagat jelas menyakan bahwa khamr adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga pikiran bahkan efek dari pada khamr itu dapat membuat seseorang menjadi buruk tingkah lakunya. Hal ini disebabkan karena tubuh akan menerima pengaruh reaksi yang tidak baik dari struktur minuman ini.

Allah menciptakan minuman keras dalam keadaan yang penuh dengan keburukan yang mana didalamnya terdapat berbagai racun yang sangat berbahaya bagi otak manusia. Hal ini telah dikemukakan oleh banyak dari kalangan ilmuwan medis maupun non medis, para ahli fiqih dan bahkan ahli kalam pun menyatakan demikian.

Sesungguhnya orang yang telah meminum atau menggunakan khamr untuk keperluan minum atau obat dan lainnya maka sungguh dia telah mengikuti sebagian dari langkah syetan. Bila seseorang mati dalam keadaan sudah pernah meminum khamr dan didunia dia belum bertaubat maka dia tidak akan  pernah meminumnya kelak diakhirat.

Khamr dunia adalah terdapat kandungan alkohol didalamnya namun khamr syurga didalamnya tidak terdapat alkohol karena Allah sudah menyatakannya dalam Al-Quran bahwa khamr syurga tidak ada alkohol didalamnya dan tidak pula memabukan.

Dalam Al-Quran kata khamr ditulis dengan kata ghaul. Seorang ahli kesehatan islam bernama Hayyan meneliti kata ghaul ini. Ditahun 800 M dia mencoba untuk melakukan beberapa percobaan terhadap kata ghaul yang mana menhasilkan kesimpulan bahwa ini adalah zat sangat mudah terbakar dan mudah menguap. Hal ini lah yang menjadi khamr bisa memicuberbagai penyakit dalam tubuh dan tentunya ini sangat berbahaya. Karena itulah Allah dan Rasulnya mengatakan bahwa khamr adalah racun atau penyakit yang sanagt berbahaya.

Dr.Ahmad husein salim menyatakan dalam buku penyembuhan penyakit fisik dan jiwa bahwa. meneggak khamr atau alkohol secara terus-menerus dapat menyebabkan penyakit sirosis.

Didalam ilmu kimia, alkohol yang umum terkandung didalam minuman keras bisa menyebabkan kerusakan berbagai oragan tubuh manusia seperti otak, hati, liver dan jantung. Zat berbahaya dalam alkohol misalnya etanol dan metanol. Dua zat ini lah yang sudah membuat jutaan nyawa melayang sia-sia akibat efek buruk yang merusak tubuh bagian dalam manusia dan tidak sedikit dari mereka yang mati mendadak karena alcohol.

Herbal untuk menghilangkan racun khamr dari dalam tubuh misalnya kurma ajwa, habbatusauda, zaitun dan madu.

Baca juga tips kesehatan lainya.

0 komentar:

Posting Komentar